STUDI MENGENAI KEPUTUSAN MAHASISWA UIN WALISONGO MENJADI NASABAH PRODUK TABUNGAN “SIRELA”

Authors

  • Fajar Adhitya UIN Walisongo Semarang

Keywords:

Nisbah Bagi Hasil, Kualitas Layanan Inti,Kualitas Layanan Periferal

Abstract

Dari tahun 2014 sampai 2016 Minibank Syariah FEBI UIN Walisongo mengalami penurunan jumlah rekening tabungan. Penurunan jumlah rekening nasabah tersebut memunculkan kegelisahan dalam diri peneliti mengingat sumber pendanaan yang disalurkan dalam bisnis pembiayaan berasal dari dana nasabah yang membuka rekening di Minibank Syariah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah : Keputusan Mahasiswa Membuka Rekening Tabungan ( Y ) sedangkan Variabel independen dalam penelitian ini adalah : Nisbah Bagi Hasil Tabungan (X1), Kualitas Layanan Inti (X2), Kualitas Layanan Periferal (X3).Dari pengujian diperoleh koefisien untuk variabel nisbah bagi hasil (X1) sebesar 0.391 dengan thitung = 6.138 dengan p value= 0,000<0,05, sehingga Ha diterima. Hasil pengujian Variabel kualitas layanan inti (X2)  diperoleh koefisien sebesar 0.291 dengan thitung = 4.177 dengan p value= 0,000<0,05 sehingga Ha diterima. Hasil pengujian Variabel kualitas layanan periferal (X3)  diperoleh koefisien sebesar 0.144 dengan thitung = 2.006 dengan p value= 0,046<0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil analisis di atas diperoleh model regresi sebagai berikut: Y = 0.391X1+ 0.291X2+0.144 X3. Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa nisbah bagi hasil,Kualitas layanan inti, Kualitas pelayanan periferal terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di Minibank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-02-11

How to Cite

Adhitya, F. (2019). STUDI MENGENAI KEPUTUSAN MAHASISWA UIN WALISONGO MENJADI NASABAH PRODUK TABUNGAN “SIRELA”. AL AMWAL (HUKUM EKONOMI SYARIAH), 1(2), 70-84. Retrieved from http://ojs.staibhaktipersada-bandung.ac.id/index.php/Alamwal/article/view/18