Hubungan Daya Tarik Dan Minat Beli Masyarakat Muslim Terhadap Pencantuman Lebel Halal

(Studi Kasus Bakso Pak Mien Bogor)

Authors

  • Suni Silfania Universitas Ibn Khaldun Bogor

Keywords:

Label Halal, Daya Tarik, Minat Beli

Abstract

Petunjuk Hubungan Daya Tarik dan Minat Beli Masyarakat Muslim Terhadap Pencantuman Label Halal (Studi Kasus Bakso Pak Mien Bogor). Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan yang ada pada daya tarik dan minat beli masyarakat muslim terhadap pencantuman srtifikasi halal di Bakso Pak Mien Bogor. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses dari pencantuman labal halal, dan mengetahui besar hubungan antara daya tarik dan minat beli dengan label halal di Bakso Pak Mien Bogor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses pencantuman label halal di Bakso Pak Mien Bogor? 2. Seberapa besar hubungan antara Daya Tarik dengan label halal di Bakso Pak Mien Bogor, dan 3. Seberapa besar hubungan antara Minat Beli masyarakat dengan label halal di Bakso Pak Mien Bogor. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode korelasi berganda. Karna dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu dua variabel X (daya tarik dan minat beli) dan satu variabel Y (pencantuman label halal). Dalam ilmu statistik, istilah korelasi adalah ukuran yang dipakai untuk mengetahui derajat hubungan, terutama untuk data kuantitatif. Dalam skripsi ini yang dibahas adalah ada tidaknya hubungan pencantuman label halal terhadap daya tarik dan minat beli masyarakat di Bakso Pak Mien. Hubungan Daya Tarik dengan pencantuman Label Halal pada bakso Pak Mien. Berdasarkan hasil analisis, penilitian ini menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dibuktikan dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh hasil perhitungan nilai rx1,y sebesar 0,50 menunjukkan bahwa X1 dengan Y ketika variabel lainnya konstan. Sedangkan hasil dari Minat Beli dengan pencantuman Label Halal pada Bakso Pak Mien mendapatkan hasil perhitungan nilai rx2y sebesar 0,40 menunjukkan bahwa X1 dengan Y ketika variabel lainnya konstan adalah ukup kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-02-11

How to Cite

Silfania, S. (2019). Hubungan Daya Tarik Dan Minat Beli Masyarakat Muslim Terhadap Pencantuman Lebel Halal: (Studi Kasus Bakso Pak Mien Bogor). AL AMWAL (HUKUM EKONOMI SYARIAH), 1(2), 100-117. Retrieved from http://ojs.staibhaktipersada-bandung.ac.id/index.php/Alamwal/article/view/20