SISTEM TATA KELOLA PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asep Sapul Bahri
Ajat Rukajat

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah paradigma baru pendidikan dalam rangka meningkatkan kualititas pendidikan secara efektif dan efisien, perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam hal ini, pengembangan SDM merupakan proses peningkatan kemampuan manusia agar mampu melakukan pilihan-pilihan. Proses pengembangan SDM tersebut harus menyentuh berbagai bidang kehidupan yang tercermin dari ditema atau tidak diterima lulusan pendidikan dalam dunia kerja.. Adapun tujuan penelitian yang diajukan adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan mutu pendidikkan dikaitkan penerimaan pasar kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara, serta dokumen yang dapat memberikan informasi data mengenai peningkatan mutu pendidikan dilihat dari dunia kerja. Pola dan gaya manajeman guru, memegang peranan penting dalam mengarahkan, menggerakan dan mengelola sumber daya yang ada di sekolah, sehingga guru menjadi efektif. Peningkatan Mutu pendidikan melalui pembelajaran memberi arahan pada kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah sehingga Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung menyenangkan dan tercapai tujuan, serta siswa menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah dan bakat siswa. Untuk itu maka proses pembelajaran yang berlangsung harus berorientasi ke arah pendidikan terapan dan pengembangan pendidikan life skill atau pendidikan keterampilan hidup untuk masuk ke dunia kerja atau menciptakan lapangan kerja baru

##plugins.themes.academic_pro.article.details##