PENGARUH PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di Mts Miftahul Huda Nurasiyah Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cecep Saepuloh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui konsep pengembangan manajemen kurikulum dan prestasi belajar peserta didik, 2) mengetahui kondisi empiris pengembangan manajemen kurikulum di MTs Miftahul Huda Nurasyiah, 3) mengetahui kondisi prestasi belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Nurasyiah, 4) mengetahui pengaruh pengembangan manajemen kurikulum terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Nurasyiah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, :1) Konsep pengembangan manajemen kurikulum pada Al-Quran Surah Asy-Syuura (42) ayat 13, H.R. Abu Dawud, Teori Manajemen G.R. Terry dan Teori Kurikulum Frankin Bobbit 2) Konsep prestasi belajar peserta didik berlandaskan pada Al-Quran Surah Al-Mujadilah ayat 11, H.R. Muslim, Teori Motivasi McClelland, Teori Kognitif Sosial Albert Bandura, dan Teori Taksonomi Belajar Bloom, 2) pengembangan manajemen kurikulum di MTs Miftahul Huda Nurasyiah dipersepsikan memiliki kriteria tinggi dengan nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 72. 3) Peserta didik di MTs Miftahul Huda Nurasiyah rata-rata memiliki prestasi yang tinggi dengan nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 85. 4) pengembangan manajemen kurikulum berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 0,8 % artinya sebesar 99.2% prestasi belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Nurasyiah dapat dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya: (a) bahan atau materi yang dipelajari; (b) lingkungan; (c) instrumental; dan (d) kondisi peserta didik. Uji anova menunjukan kompetensi pengembangan manajemen kurikulum mempunyai pengaruh yang tidak signifikan. Sehingga pengembangan manajemen kurikulum berpengaruh meningkatkan dan menurunkan prestasi belajar peserta didik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##