PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PROFESIONAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ajat Rukajat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apa pengertian peran kompetensi dan kinerja guru frofesional, 2) Bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah, 3) Bagaimana kinerja guru profesional, 4) Bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru profesional, 5) Apa hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru profesional, 6) Bagaimana langkah-langkah mengatasi permasalahan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru profesional si Madrasah Aliyah (MA) Al-Hidayah Cikancung. Hasil dan analisis dapat di simpulkan bahwa (1) Peran kompetensi manajerial kemampuan dalam memimpin, merencanakan, melaksanakan dan memantau kegiatan program sekolah, sedangkan kinerja guru frofesional yaitu guru yang memiliki peranan yang strategis dalam membentuk kepribadian siswa, (2) Kompetensi manajerial kepala madrasah sudah dilakukan dengan baik kerena kepala madrasah memiliki strategi dalam melaksanakan program sekolah, (3) Kinerja guru untuk menjadi profesional sudah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah ditentukan seperti dalam aspek sikap guru, perencanaan pendidikan dan pengajaran, dan proses kegiatan belajar mengajar, (4) Kompetensi manajerial kepala madrasah dalam menigkatkan kinerja guru profesional sudah sesuai karena sudah terlihat sebagai pemimpin kepala madrasah mampu menjadikan guru yang profesional, (5) Hambatan yangdihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru profesional yaitu sarana prasarana belum memadai, (6) Langkah-langkah yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kierja guru profesional yaitu dalam proses pengawasan yang paling utama

##plugins.themes.academic_pro.article.details##